admasyitoh.com

Resep Sop Ayam Simple, Kuah Bening dan Segar

6 comments

resep sop ayam simple

Eureka! Akhirnya aku nemu juga cara masak sop ayam yang simpel, tapi rasanya tetap sedap dan ngaldu banget. Deudiyeo, yeorobun… Deudiyeo! Huhu, sampai terharu aku tuh karena akhirnya bisa bikin sop ayam yang rasanya cocok seperti mauku. Jujurly, sebelumnya aku sudah pernah menulis tentang resep sop ayam di blog ini. Jadi ini bukan yang pertama kalinya, yeorobun.

Kenapa sih aku suka banget nge-share menu sop ayam? Karena sop ayam adalah salah satu menu rumahan yang jadi andalan di keluargaku sekaligus salah satu comfort food yang paling favorit buatku. Kalau lagi overthinking, makan sop ayam bisa membantu meredakan serangan kecemasan yang aku rasakan. 

Menyesap gurihnya kaldu dan aroma rempah yang kuat ternyata punya efek menenangkan bagiku.

Personally, aku prefer sop ayam ala Pak Min Klaten daripada sop ayam rumahan yang biasanya—yang penuh dengan daging ayam dan aneka macam sayuran. Nggak tahu kenapa, pokoknya sop ayamnya Pak Min Klaten tuh menurutku rasanya khas banget, aromanya juga unik, istimewahhh lah intinya.

Saking favoritnya, aku pernah trial-error berkali-kali demi merekayasa ulang rasa sop ayam favoritku itu di rumah. Resep akhirnya sudah aku bagikan di artikel Resep Sop Ayam Ala Pak Min Klaten ya! Aku sudah tulis lengkap bahan-bahan, bumbu, cara memasak, plus khasiat sop ayam buat kesehatan.

Nah, di artikel ini aku mau share lagi resep sop ayam yang jauh lebih simpel, gampang banget bikinnya dan nggak perlu banyak bumbu atau rempah-rempah. Tapi hasilnya? Beuhh, sedap dan ngaldu banget! Menu ini sudah aku coba buat anakku dan approved dong! Alhamdulillah, anakku suka. Apalagi kaldunya berasa ya, asli kaldu ayam asli, jadi cocok banget buat menu MPASI buat BB booster anak. Seperti apa resepnya? Let’s check this!

Resep Sop Ayam Simple

Basically, aku penggemar makanan berkuah tapi yang tipe kuahnya bening. Jadi kalau soto ya bening, bakso juga yang kuahnya bening, termasuk sop ayam. Aku tidak begitu suka kuah yang kental dan butek atau keruh. Tapi soal rasa tetap yang utama.

Maunya sih yang kuahnya bening tapi kaldunya tetap berasa asli, bukan kaldu buatan yang banyak micinnya. Kuah yang bening tapi ngaldu banget, repot ‘kan? Jadi harus pinter-pinternya yang masak nih, gimana caranya bisa menghasilkan rasa kaldu yang medok tapi hasilnya tetap bening dan tanpa menambah banyak bumbu.

Nah, aku nemu resep ini dari reels Instagram yang nggak sengaja lewat di berandaku. Awalnya aku ragu, yang bener resepnya sesimpel itu? Setelah nyoba recook sendiri ternyata memang hasilnya enak, sedap, ngaldu banget tapi bening. Pokoknya pas dan sesuai dengan seleraku. Oke, langsung siapkan aja catatannya!

Bahan dan Bumbu

Pertama, siapkan dulu bahan-bahannya. Kalau mau improvisasi pakai jenis sayuran yang lain juga boleh. Sesuaikan dengan selera atau stok sayur yang ada di kulkas aja. Yang jelas, ayamnya nggak boleh di-skip ya, yeorobun!

  • 500 gram ayam (aku lebih suka pakai dada dan sayap)
  • 2 buah wortel
  • 2 buah kentang
  • 5 buah buncis
  • ¼ bonggol brokoli atau kembang kol
  • 1 batang daun bawang prei
  • 2 batang seledri
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • ¼ sdt lada bubuk
  • Sedikit garam
  • Bawang goreng secukupnya

Cara Memasak

  1. Bersihkan semua bahan, termasuk daging ayam dan sayur-sayuran
  2. Rebus sebentar ayam dengan 500 ml air, gunakan api sedang
  3. Setelah mendidih, gunakan saringan untuk membuang busa atau sisa-sisa kotoran
  4. Lanjutkan merebus ayam dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit sampai daging empuk
  5. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan
  6. Sambil menunggu, potong-potong sayuran sesuai selera
  7. Setelah daging ayam empuk dan keluar kaldunya, tambah air (sesuai selera) lalu masukkan potongan kentang
  8. Setelah kentang empuk, selanjutnya masukkan semua sayuran, masak sampai matang
  9. Tambahkan lada bubuk, garam, irisan daun bawang dan seledri
  10. Terakhir koreksi dan matikan api, bubuhkan bawang goreng saat akan disajikan
  11. Sop ayam siap disantap dengan nasi hangat dan sambal bawang favoritmu!

Summary

Gimana? Gampang banget kan? Heran kenapa nggak pakai bawang sama sekali? Toss! Sama, aku juga awalnya heran. Sesimpel-simpelnya bumbu rasanya nggak mungkin masak tanpa bawang putih. Tapi cobain dulu deh resep di atas, yang ternyata rasa kuahnya benar-benar sedap dan segar, asli dari daging ayamnya.

Memasak makanan yang punya citarasa sedap tapi bumbunya sederhana sebetulnya lebih susah daripada memasak makanan yang rasanya kuat dengan bumbu dan rempah yang banyak.

IMHO, masak menu rumahan yang sederhana—seperti sop, sayur asem, atau sayur bening—itu lebih susah daripada masak menu yang lebih rumit semacam kari ayam, sayur lodeh, atau semur. Kenapa? Karena bumbunya simpel, gimana caranya menghasilkan makanan dengan rasa yang pas tapi nggak banyak bumbu yang dimasukkan. Ini yang bikin susah. Kalau kari atau lodeh yang bumbunya cenderung komplit, justru lebih gampang. Asal bumbunya lengkap, kasih gula, garam dan penyedap rasa, udah jadi.

Nah, resep sop ayam yang super duper simpel ini bisa jadi alternatif menu masakan di rumahmu. Jangan lupa recook ya!

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

6 comments

  1. Biasanya sop ayam banyak dicari saat orang terkena flu. Ternyata saat galau pun bisa sedikit lega dengan mengonsumsi sayur ini. Btw, saya memang suka menyebut "sayur sop" pada "kuah baso bening" karena bakso itu seharusnya pedaassss. :")

    ReplyDelete
  2. Enak banget sop ayam pak min. Emang sop ayam yag simple, ngaldu dn berempah itu lebih enak dari pada yang banyak sayur nya kaayak kentang, atau wortel.

    ReplyDelete
  3. sering denger nama sop ayam pak min, tapi belum pernah nyoba. Pas searching ternyata udah banyak cabangnya ya kak

    ReplyDelete
  4. waaah, ini recomended banget hehehe perlu saya share ke ibu saya ini hehe

    ReplyDelete
  5. Wah sama sis, aku juga penggemar kuah bening...ku juga suja sop...next aku harus coba resep ini sop ayam simpel...bisa sat set tanpa pke nguleg bumbu hehehe

    ReplyDelete
  6. Aneka macam sup adalah makanan paling aman dimasak dan sat set ga perlu waktu lama buat menyajikannya

    ReplyDelete

Post a Comment