admasyitoh.com

6 Fakta Seputar SF9 Comeback Agustus 2024

4 comments

fakta sf9 comeback agustus 2024

Yeorobun, seneng banget akhirnya hari yang aku tunggu-tunggu datang juga. Baru aja kemarin, tanggal 19 Agustus 2024, sepgu a.k.a SF9 merilis mini album yang ke-14 bertajuk ‘FANTASY’. Nunggu EXO comeback kelamaan euy! Belum ada hilal mau rilis album atau konser, selain Baekhyun solo comeback September nanti. Sebetulnya ada Chanyeol juga sih, yang dijadwalkan debut solo Agustus ini.

Tapi intinya masih belum ada kepastian kapan EXO kembali dengan formasi lengkap. Mereka lagi mode eceran, one by one, hiks. Yah, untungnya SF9 tuh termasuk grup yang produktif, jadi mereka rajin banget rilis album baru. Berkat boygroup besutan FNC Entertainment ini aku nggak merasa bosan atau kesepian nungguin comeback EXO, hihi.

AAAAKKK!! Excited banget! Sejak pertama kali diumumkan tanggal 24 Juli 2024 lalu oleh FNC Entertainment, Fantasy sudah sangat bersiap dan mengantisipasi comeback Agustus ini. Finally… Rilis juga album yang sempat bikin Fantasy galau dan emosi panas-dingin iniiih! Kenapa bisa emosi? Come check this!

Fakta Comeback SF9 Tahun 2024

Sampai curhatan random ini terbit, hashtag #에스에프나인 dan #Dont_Worry_Be_Happy masih ada di barisan trending X punyaku. Yeokssi, comeback kali ini bener-bener kerasa ambience-nya. Setelah MV ‘Don’t Worry Be Happy’ dirilis, Fantasy heboh hashtag party di sosial media, dan so far emang lumayan ngefek.

Meski belum masuk Billboard dan belum trending on YouTube, tapi lagu ini sudah masuk peringkat atas di berbagai platform streaming musik internesyenel. Dan, ternyata di balik kehebohan ini ada beberapa fakta yang sempat bikin Fantasy gerah, geram dan kecewa dengan FNC Entertainment. Oke, biar nggak lama aku cerita aja...

Comeback Tersepi dengan 5 Anggota

Fakta pertama, ini yang paling tidak bisa diampuni oleh Fantasy, pada awalnya. Comeback mini album ke-14 ini diumumkan persis pada hari ulang tahun Dawon, member SF9 yang baru saja aktif wamil—mulai awal Juli 2024. Tapi bukan itu masalahnya.

Di saat Fantasy lagi ‘tasyakuran’ ulang tahun Dawon, tiba-tiba FNC bilang SF9 akan comeback pada Agustus dan hanya lima orang yang bisa berpartisipasi.

Like, what? Just five members? Padahal member yang sedang aktif tuh ada enam orang, yeorobun. 

Ya emang sih formasi mereka udah nggak semeriah dulu. Apalagi pasca perginya Rowoon dari grup, SF9 secara resmi beranggotakan delapan orang—Youngbin, Inseong, Jaeyoon, Dawon, Zuho, Yoo Taeyang, Hwiyoung dan Chani. Kalau diambil Jaeyoon dan Dawon yang lagi menjalani tugas militer, harusnya SF9 masih menyisakan enam orang dong ya? Terus kenapa cuma lima orang gitu?

Ternyata Zuho terpaksa harus absen dalam comeback kali ini. Alasannya apa? Hanya FNC yang tahu. Seriously! Sejak awal FNC tidak mengumumkan alasan kenapa Zuho tidak bisa ikut berpartisipasi dalam album ‘FANTASY’ ini.

Di sini fans mulai curiga dan muncul berbagai spekulasi aneh, mulai dari Zuho sedang siap-siap mempercepat keberangkatan wamil (batasnya maksimal tahun depan berangkatnya), Zuho sakit, Zuho mau tiba-tiba married, sampai Zuho diperlakukan tidak adil gara-gara dia pindah agensi.

Indeed, awal 2024 lalu Zuho memang sudah mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan FNC Entertainment, dengan alasan untuk mengembangkan karir solonya di dunia akting. Rapper kelahiran 1996 ini akhirnya dipinang oleh Haewadal Entertainment, itu loh, agensinya Mbak Ha Ji Won yang main drama Chocolate (2019-2020) ama The Empress Ki (2013-2014). 

Tapi kontraknya sebagai member SF9 masih tetap berjalan. Bedanya dengan Rowoon adalah kalau Rowoon tuh keluar SF9 tapi agensinya tetap FNC, kalau Zuho keluar dari FNC tapi masih tetap SF9. 

Cuma karena hal ini akhirnya fans berspekulasi bahwa FNC mendiskriminasi Zuho dalam projek kali ini. Apalagi Zuho di sosmed pribadinya cuma bisa bilang ‘aku nggak bisa ikut walaupun aku mau, kelak aku jelaskan semuanya, aku tetap SF9 apapun yang terjadi’. Jujur fans sempat khawatir kalau-kalau SF9 tiba-tiba dibubarkan oleh agensi. Aniyaa! Andwae! Ssireo!

Belakangan akhirnya baru diketahui kalau jadwal produksi dan promosi album ini bentrok dengan jadwal Zuho yang sudah diatur Haewadal. Youngbin, selaku leader SF9, akhirnya harus speak up perihal alasan absennya Zuho ini secara terbuka kepada media. FNC? Diem aja cuy! Sangat disayangkan, tapi memang kedua agensi (FNC dan Haewadal) nggak nemu celah yang memungkinkan bagi Zuho untuk ikut comeback.

Fix, album ‘FANTASY’ menjadi comeback paling sepi sepanjang sejarah SF9 berkarir. Sepi banget cuma berlima, bisa dibilang cuma setengah bagian dari jumlah member ketika mereka debut dulu. Yah, mau nggak mau harus ikhlas, sambil terus dukung SF9 as group dan karir solo masing-masing membernya.

Lucunya, di formasi OT5 ini ternyata lebih banyak rapper-nya daripada vocalist-nya. Inseong dan Yoo Taeyang adalah main vocalist, sedangkan Youngbin, Hwiyoung dan Chani pada dasarnya adalah rapper.

Tapi dari album ini bisa dilihat walaupun rapper, mereka tetap punya kualitas vokal yang nggak bisa diremehin. Inseong dan Yoo Taeyang sama-sama aktor musikal. Kita tahu sendiri ya, kalau aktor musikal tuh nggak cukup cuma bisa akting, tapi mereka harus bisa nyanyi dan nari. Nyanyinya pun nggak main-main, harus pakai vokal yang powerful dan full of expression. So, kalau soal vokal, Inseong dan Yoo Taeyang sudah tidak perlu diragukan lagi lah.

Tapi beda ceritanya dengan rapperTo be very honest, di album ini aku benar-benar terkesan dengan effort Youngbin. Dia memang punya ciri khas rap yang low tone dan lembut, bukan tipe yang menggebu-gebu. Di album ini Youngbin banyak sekali eksplor skill vokal, karena mau nggak mau dia kebagian ‘jatah’ nyanyi lebih banyak dari biasanya, sedangkan Youngbin nih nafasnya menurutku pendek. No salty please, ini cuma penilaianku pribadi. Tapi dia oke loh ternyata vokalnya!

Next, Hwiyoung. Dia memang punya suara yang khas, agak-agak sengau gimana gitu. Tapi dia menguasai teknik vokal, bukan cuma nge-rap. Hwiyoung menjadi member SF9 yang pertama kali debut soloist, tepatnya sejak Agustus 2023 dengan digital singleDrive5’ dan ‘HBD’. Belum lama ini dia juga merilis single baru berjudul ‘It Is Love’. Thus, kalau soal nyanyi dan nge-rap udahlah percaya aja sama Hwiyoung!

The last, my lovely shiny prince, Chani. Selalu mengaku nggak bisa nyanyi, padahal suaranya bagus, ya itulah Chani. Dia punya suara yang deep dan maskulin, pokoknya seleraku banget lah, hehe. IMHO, suaranya Chani tuh kayak bunglon. Maksudnya gini, dikasih part apapun dia bisa eksekusi dengan baik. Mau disuruh rap atau nggak rap dia tetap mampu (sangat mampu, ralat) dan suaranya bisa berubah tanpa menghilangkan ciri khas deep-nya.

Aku bener-bener nempelin kuping ke speaker nih tiap dengerin part-nya Chani. Unik aja gitu, bisa macem-macem warna suaranya. Dan itu bukan efek auto tune, ya! Jadi album ini bagiku membuktikan kalau Chani is definitely all rounder idol yang bisa jadi apapun. Rapper oke, vocalist hayuk. Apalagi dancer, gasskeun lah! Nanti di bawah aku cerita kenapa Chani tuh dancer yang bagus.

Bukti lainnya kalau Chani benar-benar belajar vokal bisa dilihat di cover lagu Trampoline dan playlist OST yang dinyanyikan Chani. Beuh, eargasm! Approved! Suaranya enaaak banget, pantaslah kalau Chani dipercaya juga mengisi beberapa OST drama. **maaf Mas Rowoon, kalau soal vokal aku pilih adekmu ya, Mas!

Comeback Kedua dalam Setahun

Fakta kedua, comeback kali ini merupakan comeback SF9 yang kedua di tahun 2024. Sebelumnya, pada bulan Januari 2024, SF9 juga merilis mini album ke-13 bertajuk ‘SEQUENCE’ dengan title trackBibora’. 

Waktu itu Dawon masih belum berangkat wamil dan Zuho masih belum resmi pindah agensi, jadi masih ada tujuh orang yang berpartisipasi. Lumayan masih rame ya, walaupun udah impossible berharap SF9 comeback komplit bersembilan orang. MV terakhir mereka dengan formasi OT9 aja udah lama, tahun 2022 lalu, pas rilis single digital Savior’.

Cuman aku mau bilang, mereka emang serajin itu. Baru mau umur delapan tahun tapi sudah punya 14 mini album—yah walaupun full length albumnya baru satu doang, hiks. Kasarannya nih, mereka rilis mini album dua kali tiap tahun!

Buat mini album ke-14 ini ada lima lagu dengan title track utama berjudul ‘Don’t Worry Be Happy’ (yang MV-nya aku embed di atas). Empat lagu lainnya ada ‘Cruel Love’, ‘Just’, ‘My Fantasia’ dan ‘Melodrama’. Dari lima lagu ini, dua di antaranya bergenre ballad, lainnya cenderung bergenre pop dan R&B.

FUN FACT! Pihak produser FNC sebetulnya menyarankan comeback kali ini bertema ballad loh. Tapi member sendiri yang ngeyel minta genre pop yang ceria aja. Dan akhirnya dipilih lah ‘Don’t Worry Be Happy’ sebagai track utama album, yang otomatis vibes-nya pun cerah, khas summer, dan kayak ada rasa classic gimana gitu di instrumennya.

Padahal lagu ini isinya tentang patah hati, yeorobun. Satu album malah, isinya lagu galau semua. Cerita tentang putus sama pacar, padahal sebetulnya masih sayang. Nyesek amat yak...

Entah SF9 emang lagu hobi galau atau gimana. Kalau lagu ‘Bibora’ kemarin ceritanya lagi galau brutal, habis putus tapi nggak move on, stres, nyesel berat mutusin pacar. Nah, kalau ‘Don't Worry Be Happy’ ini lebih legowo dan nrimo putusnya, lebih woles, siap move on, walaupun aslinya masih kebayang-bayang.

Memakai Nama Fandom SF9

Fakta ketiga, mini album ini diberi tajuk sama persis dengan nama fandom SF9 yaitu Fantasy. Album ini didedikasikan untuk fans, itulah kenapa nama albumnya diberi nama ‘FANTASY’. Jujurly, sama sekali nggak expect bakal dikasih nama begitu. Biasanya mini album SF9 tuh bersambung namanya, masih ada hubungannya dengan album-album sebelumnya, kayak ‘THE WAVE OF9’ terus ‘THE PIECE OF9’.

Album ini seolah menjadi bukti kalau SF9 sesayang itu dengan Fantasy. SF9 hanya ingin memberikan karya terbaik bagi fans yang selama ini sudah mendukung mereka. Seperti yang Chani bilang di interview salah satu media, ‘aku ingin menunjukkan yang terbaik untuk Fantasy yang selama ini sudah membersamai SF9, aku ingin membuat kenangan dan ending yang indah bersama Fantasy.’

Kalau perihal konsep MV-nya... Emm, menurutku lucu sih, asyik dan groovy banget. Beda sekali dari comeback terakhir mereka sama 'Bibora' kemarin. Di sini mereka kayak ngasih tips buat mengatasi patah hati setelah putus dari pacar. Jadi mereka bikin geng namanya Broken Heart Club, geng orang yang putus cinta, terus berusaha move on bersama-sama.

broken heart club sf9

Di akhir MV ‘Don’t Worry Be Happy’ memang jelas sekali ditulis ‘for Fantasy’. Melalui album ini, SF9 seolah ingin meyakinkan Fantasy bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, semua akan baik-baik saja. 

Mereka kayak bilang, ‘walaupun kamu putus dari pacarmu, walaupun kamu sedih, jangan khawatir, semua akan baik-baik saja, kami ada di sini untukmu jadi ayo kita bahagia bersama.’ **duh, kalau anggota clubnya kalian, walaupun aku nggak lagi patah hati, aku mau banget kok bergabung sama Broken Heart Club, hehe

FYI, selain lagu ini, sebetulnya SF9 sudah pernah membuat projek khusus yang didedikasikan untuk fans. Seperti lagu ‘Shine Together’ (2020, album ‘SPECIAL HISTORY BOOK’) dan lagu ‘Dear Fantasy’ (2018, album ‘ILLUMINATE’).

Saking sayangnya ke Fantasy, nggak cuma nama album aja yang pakai nama fandom, bahkan sampai pemotretan pun konsepnya pakai warna fandom yaitu Fantasia Hologram. Hah? Warna apa tuh?

Nah, buat yang nggak tau, sebetulnya setiap fandom KPOP tuh punya warna sendiri yang jadi identitas mereka. Warna ini nggak mungkin sama dengan fandom lain. Walaupun sama-sama hijau misalnya, color-hex atau kode paletnya pasti beda. Kayak NCTzen warna Lime, kalau EXO-L warna Cosmic Latte. Ini ada list-nya ya di Google, search aja pasti ketemu. 

Sejak Oktober 2018, Fantasia Hologram resmi menjadi warna fandom SF9. Yang suka main palet warna pastel pasti suka nih, karena warnanya soft banget. Bisa cek kode paletnya di Canva atau color-hex ya.

foto sf9 fantasia hologram

Fantasia Hologram terdiri dari lima komposisi warna yang merupakan warna turunan biru dan merah. Kalau dilihat sekilas kayak campuran warna biru, biru muda, tosca, pink dan lilac. Yah, apapun lah nama komposisinya, yang jelas foto ini konsepnya Fantasia Hologram coded banget yeorobun! Apalagi visualnya ugal-ugalan begini. Beuhh Chani gantengnya apotek tutup dah, nggak ada obat!

Album Pertama dari Sebuah Project Trilogy

Fakta keempat, menurut penuturan Youngbin, mini album ‘FANTASY’ ini merupakan album pertama dalam sebuah projek trilogi. Emang si leader satu ini kadang agak cablak mulutnya, wkwk. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa nanti akan ada album kedua dan ketiga yang menjadi kelanjutan dari ‘FANTASY’. Dirilisnya kapan? Belum tahu, yang jelas ditunggu aja. Begitu kata bapak leader

Tapi emang dasar dia gatel mulutnya kalau nggak spoiler, kemarin dalam pesan Fromm-nya (semacam Bubble, Weverse, Lysn gitu-gitu deh), Youngbin juga bilang kalau dia nggak sabar menantikan comeback tanggal 5 Oktober nanti. 

Nah ini juga ambigu nih, antara mau comeback mini album kelanjutan ‘FANTASY’, comeback single digital atau malah konser grup. Soalnya pas tanggal 5 Oktober itu SF9 anniversary yang ke-8.

Nggak tahu nanti ada apa pastinya, yang jelas kalau dari pesan Youngbin tersebut SF9 jelas sedang mempersiapkan sesuatu untuk anniversary mereka. Aigoo, gosaengmanhasseo uri sepgu. Mereka sudah bekerja keras sekali. Aku sampe nggak tega loh lihat Chani dan member lainnya, kantong matanya kelihatan banget pas siaran live di YouTube kemarin.

Promosi Paling Heboh

Fakta kelima, jujur selama aku jadi Fantasy yang terlambat (gapapa deh daripada enggak sama sekali), comeback kedua tahun 2024 ini menurutku yang paling ‘heboh’.

Sejak diumumkan, para member kayaknya gencar banget mempromosikan album ini. Mulai dari spoiler setiap ada kesempatan (pas live IG, YouTube, Fromm), datang di acara variety show, sampai bikin konten promosi buat IG Reels, TikTok dan YouTube Shorts.

Dari tanggal rilis teaser sampai artikel ini ditulis, Fantasy terus dihujani dengan berbagai konten, seperti dance challenge, music show, radio show, dan pemotretan khusus—yang beberapa tahun ini tuh udah jarang banget mereka lakukan. Rasanya timpang sekali dengan promosi 'Bibora' Januari lalu.

photo dispatch

Pokoknya mereka memaksimalkan semua sumber daya buat promosi album. Nggak ada jeda sehari aja buat break nge-fangirl. Good job, SF9 dan FNC! Kenapa nggak dari dulu coba promosi kayak gini. Come on, SF9 itu terlalu underrated, mereka butuh dipromosikan dengan lebih baik.

Big appreciation buat kerja keras mereka yang sudah sekuat tenaga membuat album ini bisa booming dan totalitas. Hasilnya nggak sia-sia, baru rilis teaser doang, belum lagu full, aku udah jatuh cinta dan terngiang-ngiang di kepala sama lagunya. Begitu rilis full, langsung auto-replay tiap hari. ‘Don’t Worry Be Happy’, sesuai judulnya, beneran seceria, se-groovy dan sepositif itu vibes-nya!

Banyak Kejutan buat Fantasy

Fakta keenam, member SF9 (Fantasy juga tentunya) sangat bangga dan antusias dengan album ini. Kelihatan dari effort mereka yang diam-diam menyiapkan banyak sekali kejutan buat Fantasy.

Dimulai dari tanggal 19 Agustus 2024, masih pagi aja Fantasy udah diberondong dengan 14 artikel yang di-post di Naver (platform search engine di Korea). Terus sorenya nggelar premier dan comeback live di YouTube. Then, tiap hari selalu upload content di sosial media, dan seterusnya.

premier comeback live

Meski cuma berlima, comeback ini rasanya tetap meriah dan lengkap. Masing-masing member punya peran penting di belakangnya. Kayak di bawah ini nih...

1) Strategi Marketing Inseong

Hebohnya promosi album kali ini bukan ‘ujug-ujug simsalabim’ yeorobun. Rupanya ada ide-ide brilian Kim Inseong di baliknya. Dari bikin konten drama ala-ala, bikin geng patah hati sampai parodi scene legend-nya Chani, semua adalah akal-akalan alias strategi marketing bikinan Inseong. 

Masih nggak habis pikir, bisa-bisanya Inseong nyuruh Chani remake scene dramanya tahun 2013 dulu. Padahal menurut Chani scene itu adalah scene paling memalukan sepanjang sejarah karirnya sebagai aktor. Terus bisa-bisanya Chani mau! Aseliiii beyond expectation sih ini.

Jujur, sejak dipegang Inseong, akun-akun official SF9 memang jadi lebih aktif—lebih ‘rusuh’ sih ya tepatnya. TikTok, Instagram, Youtube, X, penuh dengan jejak-jejak kerusuhan Kim Inseong di dunia maya, wkwk. Inseong beneran all out! Udah deh pokoknya kalau ketempelan Inseong tuh auto hilang pamor, akun official udah kayak nggak ada harga dirinya, haha.

Jadi inget, Dawon pernah bilang sesuatu tentang Inseong pas masa-masa ‘Bibora’. Kata Dawon, Inseong hyung masih belum jadi dirinya sendiri sekarang, karena dia masih adaptasi pasca pulang dari wamil, jadi masih culture shock.

Emang sih, setelah selesai wamil, Inseong dan Youngbin cuma punya waktu empat bulan untuk ikut persiapan comeback. Jadi wajar kalau mereka masih ‘kagok’ setelah hiatus hampir dua tahun dari dunia entertainment. Dan, yah semua terbukti setelah akhirnya Inseong kembali menjadi dirinya sendiri. Gesrek! Haha, gapapa aku tetap suka. Thank you, Inseong oppa, Fantasy jadi punya konten buat ditungguin tiap hari.

2) Lagu Ciptaan Yoo Taeyang

Album ini sangat berarti bagi member. Seperti kata Inseong, karena ini comeback pertama mereka dengan lima anggota, jadi mereka harus bertanggung jawab mengisi kekosongan yang ada. Mereka bekerja keras nge-back up member yang absen sehingga album ini bisa tetap ‘utuh’ walaupun cuma setengah formasi isinya.

Member juga terlibat dalam pembuatan lirik semua lagu di album ‘FANTASY’ ini, terutama Yoo Taeyang, Youngbin dan Hwiyoung. Chani juga ikut menulis lirik ‘Cruel Love’, salah satu track list yang bergenre ballad. Yang perlu di-highlight adalah lagu ‘Melodrama’, sebab member nggak cuma nulis lirik. Yoo Taeyang lah yang full meng-compose lagu ini.

3) Koreografi Karya Chani

Seperti yang aku sebut di atas, SF9 juga bikin dance challenge buat promosi ‘Don’t Worry Be Happy’. Tahu nggak sih, ternyata yang create koreografinya tuh Chani loh! Bukan cuma dance challenge, Chani juga yang bikin koreografi bagian verse ketiga dari lagu ini.

Sebulan sebelumnya, Youngbin sempat spoiler kalau comeback kali ini dance-nya lebih gampang ketimbang ‘Bibora’. Tapi setelah jadi, ternyata itu lebih sulit dari yang dia bayangkan. Yoo Taeyang juga bilang, gerakan yang dibuat Chani lebih sulit daripada versi originalnya.

Ketika ditanya tentang hal ini, Chani menanggapi kalau dia membuat koreografi ini dengan memikirkan apa yang sudah dilalui SF9. Lagu ini sangat easy listening, jadi dia khawatir kalau gerakannya terlalu gampang jadinya nanti malah membosankan. That's why dia berpikir untuk membuat sesuatu yang flashyfresh, yang belum pernah dilakukan SF9, tapi tetap khas SF9. Dan, voila! Jadilah koreografi lagu ini sepaket dengan dance challenge yang dia kasih nama ‘Be Happychallenge.

Gimana reaksi Yoo Taeyang? Ya udah sok mangga lakuin aja kalau emang kamu udah yakin, begitu kira-kira.

SF9 punya tiga orang main dancer: Yoo Taeyang, Youngbin dan Chani. Masing-masing punya style dan karakter setiap perform. Kayak Yoo Taeyang yang gerakannya selalu sexy dan ‘berani’ seperti Kai EXO, Youngbin yang selalu terstruktur dan sesuai pakem. 

Nah, Chani tuh style-nya selalu yang smooth and calm, tapi detail. Bukan berarti dia nggak ‘garang’, bukan. Malah Chani yang sering kebagian gerakan-gerakan ekstrem di grup, kayak lompat, koprol dan salto. Karena gerakannya selalu detail, kelihatan santai tapi ‘mematikan’, nggak heran kalau Chani sering jadi center di grupnya. 

Walaupun smooth, halus dan terkesan kalem, tapi bagaimana detailnya seorang Chani mengeksekusi suatu gerakan terlihat pada hentakan-hentakan yang tajam dan pas sekali dengan tempo, atau improvisasi-improvisasi yang tidak pernah luput dari perhatiannya seperti gestur tangan, jari-jari, bahu, kaki hingga pinggang. Sungguh atraktif sekali, yeorobun... 

Inilah kenapa aku bilang kalau Chani adalah dancer yang bagus. Kelihatannya kayak nggak ngoyo sama sekali, tapi ternyata powerful dan bikin orang lain susah ngikuti. Dia juga cepat menangkap gerakan-gerakan baru. Sekali lihat udah langsung bisa niru. Kayak enteng aja gitu badannya buat manuver ini-itu. Apa ya… He makes dancing look so easy for him.

Ditambah lagi, di album ini Chani benar-benar jadi dirinya sendiri. Semuanya dia pilih sendiri, dari dance, vokal, sampai styling rambut pun dia pilih sendiri. Kata Inseong, Chani sebetulnya sudah lama pengen ngecat rambutnya. Tapi selama ini selalu kepentok jadwal syuting drama yang bikin rambutnya harus selalu hitam. Nah, di comeback kali ini akhirnya Chani berhasil ganti warna rambut. Yeayy!

chani blonde hair

Chani bahkan mengabari Inseong ketika akan mewarnai rambutnya dari hitam jadi blonde. Khusus untuk MV ‘Don’t Worry Be Happy’ Chani juga yang memutuskan style dan warna rambutnya jadi grey ash. Sumpah ini cakep banget, yeorobun! Cocok banget buat Chani. Dahlah, speechless, pokoknya indah sekali! MasyaAllah…

4) Spoiler Ambigu dari Youngbin

Jauh-jauh hari sebelum tanggal comeback diumumkan, Youngbin sudah sering ngasih spoiler ketika siaran live sendirian. Youngbin sering sekali menyebut kata ‘pizza’ yang bikin fans yakin kalau ‘pizza’ adalah clue untuk album yang akan datang.

Tapi ternyata ambigu nih. Judul albumnya ‘FANTASY’, lagunya ‘Don’t Worry Be Happy’, nggak ada properti pizza yang digunakan di dalam MV. Lalu di mana letak pizzanya? International fans banyak yang penasaran, hubungan pizza dengan comeback kali ini apa sebetulnya?

Usut punya usut, ternyata ‘pizza’ di sini maksudnya adalah singkatan. Kalau pakai ejaan bahasa Korea, pizza tuh bacanya jadi ‘pija’ (피자). Orang Korea kan suka tuh bikin singkatan-singkatan gitu. Kayak ‘namchin - namja chingu’ (pacar cowok), ‘yeochin - yeoja chingu’ (pacar cewek), ‘ulzzang atau eoljjang - eolguli jjang’ (wajah terbaik, ganteng atau cantik). 

Nah, ‘pija’ itu konon singkatan dari ‘happy haja’ yang secara harfiah diartikan sebagai let’s be happy.

Kaan… akhirnya terjawab juga maksud spoiler Youngbin. Pokoknya kalau urusan spoiler, aku percaya sama Youngbin deh. Dia yang paling tahu kondisi internal di SF9 dan FNC, jadi kalau Youngbin udah ngasih spoiler ya udah berarti itu udah aman buat dibagikan ke fans.

5) Si Paling Interaktif Hwiyoung

Hwiyoung punya peran penting selain nulis lirik lagu di album ini. Dia bertanggung jawab menjaga ambience di lingkungan Fantasy. Bisa dibilang Hwiyoung ini yang paling sering ngasih kabar ke fans, melalui saluran Fromm pribadinya. Dari hal yang paling random, sampai yang berhubungan dengan comeback.

Setiap hari Hwiyoung selalu berkabar tentang apapun yang dia lakukan. Dia lagi demam, nggak enak badan, lagi ke musikal Yoo Taeyang, lagi ngidam ramyeon, lagi makan ramyeon bikinan Youngbin, lagi main, lagi nge-gym, dan masih banyak lagi lainnya. Berkat Hwiyoung yang hatinya selembut tahu sutra, Fantasy selalu punya bahan becanda dan merasa disayang. Interaktif banget deh media sosial!

Enclosure

Wel... Nggak kerasa curhatan random ini jadi 3000an kata. Pffiuuh... Lega! Makasih ya yang sudah baca tulisan unfaedah ini sampai selesai. Ya gimana ya, akhir-akhir ini emang kepala berisik banget gara-gara gonjang-ganjingnya per-KPOP-an duniawi. Comeback-nya SF9 ini seperti bingsoo milky strawberry di tengah musim panas yang hot potato-potato. Sejuk segerrrr mak nyesss di tenggorokan…

As a Fantasy—yang cuma modal kuota—aku berharap comeback SF9 kali ini benar-benar sukses besar dan warga per-KPOP-an bisa lebih kenal mereka. Next, SF9 akan disibukkan dengan promosi album sampai beberapa minggu ke depan. Berikutnya mungkin akan ada konser juga dan projek lanjutan album pastinya. Semoga album berikutnya Zuho dan Jaeyoon (yang pulang wamil September) bisa ikut juga. Good luck uri sepgu! Kalian sudah bekerja keras lagi untuk kesekian kalinya. 건강하고 행복하자! 사랑해!

So, gimana nih menurutmu tentang SF9 comeback dengan album 'FANTASY' ini? Yuk, share di kolom komentar ya!

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

4 comments

  1. Curhat random sampai 3.000 kata yang sangat berfaedah mbaak, jadi tahu kan aku kalau mereka serajin itu rilis mini album, hehe. Keren banget yaa apalagi "my lovely shiny prince Cani" 😅ehh bener nggak tuh aku nulisnya 🤣

    ReplyDelete
  2. Reviewnua kengkap sekali. Seneng bacanya. Nambah wawasan saya tentang KPop dan bintang2nya.
    Terima kasih sharingnya kak.

    ReplyDelete
  3. Ini, sih, level bucinnya sudah lebih dari akut. Sebegitu mengenalnya idol. Kalau di-ranking kayaknya jadi rangking satu. ㅋㅋㅋ. By the way, mungkin ini keuntungan punya pacar dua. Jadi di saat yang satu hiatus, masih ada yang satunya.

    ReplyDelete
  4. Curhatnya panjang sekali ya mbaknya, tapi suka story telling-nya, si aku yang tidak begitu suka dan mengikuti kok bisa-bisanya baca dari awal hingga akhir 🤣🤣🤣.
    Kalau comeback-nya jadi, yakin sosial media bakal penuh dengan berita dan segala aktivitas comeback mereka sih yaaa

    ReplyDelete

Post a Comment