admasyitoh.com

Diam-diam Ngasih Kejutan, Begini Cara Chani SF9 Beri Hadiah Spesial ke Fans

7 comments
chani sf9 heat dance perform

KANG CHANIII…!!! Haduuh, ini cowok nggak habis-habisnya tebar pesona. Nggak ada capeknya ngasih kejutan. Bener-bener udah nggak bisa dianggap namdongsaeng lagi ini mah, mintanya dipacarin aja *ehh

Di tengah serbuan konten SF9 yang akhir-akhir ini rajin banget ngasih asupan postingan di official sosial media, tiap hari selalu ada aja yang di-upload, Chani tiba-tiba merilis video dance performance yang luar biasa menawan. 

Mau bilang ‘masyaAllah indahnya’, tapi kayaknya konteksnya nggak pas, terus kita ‘beda server’ pula. Tapi gimana dong, ini bener-bener bagus banget tolong! Udah berhari-hari aku mantengin video ini dan nggak ada bosennya sampai sekarang. Coba, gimana pendapat yeorobun sekalian tentang video performance di bawah ini?

Hadiah untuk Fans

Bulan Agustus kemarin, SF9 baru aja comeback dengan mini album mereka yang ke-14 berjudul ‘FANTASY’. Selama beberapa minggu setelahnya, bahkan sampai artikel ini aku tulis, SF9 masih terus melakukan promosi album dengan title track ‘Don't Worry Be Happy’ (disingkat DWBH) ini, seperti tampil di music show, radio show dan variety show.

Sampai postingan ini terbit pun mereka masih menggelar beberapa event fansign, walaupun acara live show di TV sudah berakhir. Tapi mereka masih bikin konten DWBH terus kok.

visual attack

Nah, setelah hari terakhir stage show mereka, Chani surprisingly, tiba-tiba merilis video dance performanceHeat’ yang aku embed di atas pada tanggal 28 Agustus 2024. Wah, otomatis Fantasy (fans SF9) sejagat per-KPOP-an gempar dong! Termasuk akuuuh.

**lemes yeorobun, ambyar, dengkul kopong, ninuninu… Cakepnya ugal-ugalan. Nggak sopan banget gantengnya! Aku lemah liat bias kalo begini. Visual attacked! Aaakk! 

Soalnya, selama ini Chani dikenal sebagai member dengan image ter-innocent, ter-woles dan ter-moloran di SF9. Hobinya tidur, tukang ngantukan, pokoknya tiap ada kesempatan dia pasti tidur. Sering kok pemandangan indah Chani tertidur ketika di belakang panggung gini terekam kamera.

Rilisnya video dance perform di channel official SF9 ini tentu jadi sesuatu yang spesial. Tidak lama setelahnya, Chani langsung klarifikasi di akun Fromm pribadinya. Fyi, Fromm tuh semacam platform messenger tapi khusus idol dengan fans, jadi fans kudu langganan dulu buat bisa berkomunikasi dengan idol yang bersangkutan. Pernah dengar Bubble, Lysn atau Weverse? Yah, serupa itulah. 

"Fantasy, kalian sudah bekerja keras di comeback kali ini. Please take care of me in the future. Video dance performance itu sedikit hadiah kecil dariku." — Kang Chani, Fromm message

hadiah untuk fans

Pas baca pesannya, aku rasa pengen balas, “Kamu juga sudah bekerja keras sekali sayang. Makasih ya kejutannya, aku suka banget. Ini sih bukan hadiah kecil namanya beb. Spesial banget ini mah pake telor plus daging premium!” Sayangnya, aku nggak langganan Fromm yeorobun *hah, fans macam apa ini! Pliss jangan hujat aing yak, karena memang aku punya alasan tersendiri kenapa nggak langganan Fromm.

Pokoknya Chani kalo lagi mode nggak ngantukan, nggak moloran, bahaya banget. Damage-nya bukan main! Sama kaya pas dance performTrampoline’ tuh, beuhh keren brutal sih, cakep parah nggak ada obat!

Proses di Balik Layar

Sebetulnya, jauh-jauh hari sebelum video ini resmi dirilis, Chani udah ngasih semacam spoiler, udah ngasih kode gitu. Tapi waktu itu belum jelas dan momennya bersamaan dengan SF9 yang lagi persiapan mau comeback.

Jadi ceritanya, tepat sebulan sebelumnya yaitu tanggal 28 Juli 2024, Chani nge-chat tuh di Fromm. Dia bilang kalau lagi syuting sesuatu, lagi ngerekam video buat konten solonya dia. Terus Hwiyoung a.k.a Youngkyun (member SF9 yang lain) ikut datang sambil bawain dia kopi. Terus Chani juga bilang kalau dia berharap fans akan menyukai konten yang dia rekam hari itu.

spoiler chat fromm

Nah, di chat itu Chani juga posting foto dia sama Hwiyoung. Cuma foto kaki doang. Tapi dari kostum aja udah beda ya, udah bisa ketebak. Sepatunya aja pantofel. Rapi amat mas, tumben. Biasanya kemana-mana sandalan aja tuh, hehe. 

Gokil sih ini, chat-nya dikirim sebelum jam 6 pagi, sedangkan fotonya dikirim jam 4 dini hari! Daebak, berarti dia syuting pas tengah malam sampai pagi!

Terus nggak lama, Chani posting foto lagi di Instagram pribadinya. Foto chandelier, topi fedora, sama siluet dia pakai outfit kayak setelan jas formal. Nggak ada caption! Bener-bener cuma posting foto-foto tanpa keterangan apapun. It was like, apa sih beb bikin penasaran aja?!

spoiler ig

Dari sini, ditambah pesan-pesannya di Fromm, fans menduga Chani lagi syuting MV buat album SF9 dan konsepnya ala-ala Michael Jackson gitu lah. Tapi bener-bener Fantasy clueless, nggak tahu bakal kayak apa kontennya nanti. Biasa lah, fans cuma berhak atas asas praduga aja, alias tebak-tebakan berhadiah dengan sedikit bumbu ke-sok tau-an. Sok-sokan detektif, wkwk.

Dan, TARAAAA!! Amazingly, jadilah video ‘Heat’ ini. Kang Chani auranya mahal banget kayak snow prince—Hwiyoung aja bilang Chani kayak pangeran. 

Nah, ternyata eh ternyata, proses di balik layar syuting video ini rupanya lebih amazing lagi, yeorobun. Sini aku bisikin...

Pertama, Konsep dan Koreografi dari Chani Sendiri

Jadi, sebetulnya agensi—yaitu FNC Entertainment—mengusulkan Chani buat bikin video dance cover aja. Setelah diskusi tralala-trilili, Chani ngide tuh, alih-alih bikin video dance cover, gimana kalau bikin video dance perform aja?

Bedanya apa? Kalau dance cover, artinya Chani tinggal nge-cover penampilan dance idol lain, tinggal menampilkan ulang aja gitu lah, lagu dan gerakannya udah ada. Kalau dance perform dari awal, artinya Chani yang bikin video dance lagu yang sebelumnya mungkin nggak ada koreografinya.

Poinnya adalah Chani punya konsep sendiri. Dia punya ide sendiri. Dia mau bikin video dance perform aja, dia bikin sendiri gerakan atau koreografinya. Dia konsep sendiri semuanya dari layout, setting, kostum, sampai styling dan makeup-nya. 

Semua ide brilian itu dia komunikasikan dengan tim kreatif dari agensi dan disetujui. Yah, aku sih yakin pasti tetap ada intervensi dari pihak agensi ya. Karena kan mau gimana pun tetap pendanaan dan segala sesuatunya harus dari agensi.

behind the scene

Singkat cerita, akhirnya mereka kerja tuh bikin video ini sesuai kemauan Chani—ditambah hasil diskusi dengan agensi—secara seksama dan dalam tempo yang yang sesingkat-singkatnya!

Kedua, Disiapkan dalam Waktu 2 Minggu Saja

Seperti yang aku bilang, video ini dikerjakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Pas acara fansign SF9 beberapa waktu lalu, Chani bilang kalau ternyata proses brainstorming, latihan, syuting sampai editing video ‘Heat’ ini memakan waktu sekitar 2 minggu.

Agensi lalu mengonfirmasi, bahwa Chani bekerja keras mempersiapkan hadiah spesial buat fans selama hampir 2 minggu, dengan tanpa mengganggu jadwal persiapan comeback mini album SF9 ‘FANTASY’.

Wah, ini cowok bener-bener dancer profesional sih, batinku. Bayangkan, di waktu yang sama dia harus multitasking menyiapkan konten solonya sendiri ditambah konten per grup. Dimana, di dalam kedua projek itu Chani sama-sama punya peran penting sebagai koreografer alias dance creator. Semua berjalan secara beriringan, tanpa mengganggu proses masing-masing. Kereeenn!!

**pliss ini gimana aku mau nggak makin sayang, mau nggak makin klepek-klepek dihadapkan sama cowok modelan begini?

Ketiga, Sikap Gentleman Chani ke Dance Partner

Video dance-nya Chani ini overall bagus banget, pokoknya bikin aku terpesona, terpedaya dan terlena, haha. Tapi kalau ditanya bagian mana yang paling bagus, aku mantap menjawab bagian Chani dansa dengan si cewek baju merah. Aseliiii itu bagian paling outstanding dan atraktif buatku. Berkesan sekali pemirsaaah! Sampe jejeritan sendiri aku nontonya. Serius, candu banget Ya Tuhan... 

favorite part

Di video ini Chani sungguh-sungguh menunjukkan kemampuan dance dan akting secara bersamaan. Dia nge-dance, tapi ekspresi wajahnya tuh dia bercerita. Indeed, Chani emang aktor dengan 15 tahun pengalaman di dunia akting sih ya. So, urusan ekspresi dan mikro ekspresi gini udah enteng lah buat dia. Jadi sebenernya kamu ngedance apa akting sih mas?

Nah, di bagian yang dia duet sama dancer cewek itu bener-bener dia kelihatan menghayati lagunya gitu. He's so into the song! Kayak yang awalnya penasaran, terus ngejar-ngejar si cewek, ceweknya malu-malu mau, awalnya menghindar, tapi Chani malah kayak ‘ohh, lari ya kamu, liat aja ntar, aku ngejar loh’. Begitu... 

Ekspresinya, tatapan matanya, gesturnya, semua detail-detail dalam body language itu beneran kayak Chani lagi akting dan cerita. Gimana ya ngomongnya. Ngerti maksudku kan? Coba deh, amati aja ekspresi dan gesturnya Chani. Kan kayak lagi akting, pinter banget deh.

Yang bikin makin ndak bisa berkata-kata lagi, di sini Chani really braves to break his limit. Dia mulai 'berani'. Dulu, pas syuting MV ‘Bibora’ (rilis Januari 2024) Chani bilang kalau selama ini rasanya dia sudah menari untuk waktu yang lama, tapi semacam masih ada yang membatasi dirinya. Ibarat kata, ada tembok yang belum dia hancurkan.

Ya emang sih, walaupun Chani ini sebagus-bagusnya dancer, sometimes memang ada momen-momen dimana dia kayak masih takut melangkah terutama ketika melakukan dance dengan rating 18+ alias dewasa. Wong pas SF9 tampil di Kingdom aja dia paling malu-malu ngelakuin gerakan body roll—yang memang rating 21+ dan harus seksi. Tolong jangan di-judge ya, namanya seni, dance pun sama kayak film, ada rating-rating-nya.

Tapi di video ‘Heat’ ini akhirnya Chani berani ngeluarin gerakan-gerakan yang lumayan ‘panas-dingin’ dan bikin cemburu *ehh. Duetnya dengan dancer cewek di video ini menurutku sangat layak diacungi jempol dan diberi apresiasi khusus, mengingat Chani selama ini selalu malu-malu dengan dance ber-genre serupa, atau dengan kata lain selalu memilih berada di zona nyaman dan aman. Pokoknya mode stay halal deh.

**di video ini emang Chani kelihatan udah dewasa sih, udah nggak kayak bayi gemes lagi, that's why aku bilang udah pantesnya dipacarin aja layaknya oppa-oppa :”)

**kalo pas Kingdom dulu bisa dimaklumi lah, karena emang dari segi umur pun waktu itu dia masih baru beranjak dari fase remaja dan baru memasuki usia dewasa. Kalo sekarang? Hmm, udah pinter bikin cewek dugun-dugun salting sendiri.

Kedewasaan Chani terlihat tidak cuma pada gerakan dance-nya, tapi juga sikapnya yang gentleman kepada dancer cewek yang jadi partner-nya di video ini. 

Kan ada tuh part yang Chani dipepet ke tembok sama si cewek. Terus Chani bales, ceweknya yang dipepet balik kan. Sadar nggak sih, di situ Chani nggak mepetin si mbak baju merah. Justru malah Chani yang benturin tangannya sendiri ke tembok, bukan tangannya si mbak dancer yang jadi partner diaSo sweet-nya, pas ditanya kenapa dia ngelakuin itu, Chani bilang apa?

"Nggak seperti yang terlihat di video, aslinya temboknya kasar banget. Aku khawatir tangannya dancer nuna (si mbak baju merah) bisa terluka (makanya aku berusaha melindungi tangannya dia)." — Kang Chani

gentleman

Aaah, aku pingsan aja deh! Ini cowok manis banget sih. Se-care dan se-considerate itu dia, bahkan di tengah-tengah perform pun dia masih mikirin partner dansanya. Dan, yaaa sedetail itu emang! Chani gerakannya sedetail itu dan mataku mengamatinya juga emang sedetail itu, hehe. 

Adudu, melting aku melting... Sesembak baju merah itu yang diajak dansa, aku yang salting! Alamaaak! 

dance partner

Sekilas tentang Lagu ‘Heat’ by Scarlet Pleasure

To be very honest, aku baru kali ini tahu ada lagu judulnya ‘Heat’. Dan, baru kali ini juga tahu, ternyata ada band trio namanya Scarlet Pleasure. Sebetulnya nggak kepo-kepo banget. Tapi demi nulis artikel ini, aku coba Googling tentang lagu dan band ini.

Ternyata MV ‘Heat’ aslinya sudah dirilis sejak tahun 2015 lalu, yeorobun, oleh grup trio asal Denmark bernama Scarlet Pleasure. Aku nggak nyari tahu lebih lanjut tentang grup trio ini, karena jujurly bukan preferensiku aja. Tapi aku lihat MV ‘Heat’ ini versi originalnya.

Di MV ini emang nggak ada dance khusus. Ada beberapa model MV cewek yang nari-nari, tapi aku nggak bisa sebut freestyle dancing juga. 

Jujurly very very jujurly, yang bisa aku bilang tentang MV ini adalah dance perform Chani malah lebih bagus jadi MV-nya sih, lebih esthetics dan cocok dengan isi lagunya. Bukan berarti versi aslinya nggak bagus, cuma kalau disuruh milih, aku pilih MV versi Chani ketimbang MV versi original

Kalau dari liriknya—dan video yang dibikin Chani—udah tahu lah ya lagu ini tentang apa. Yah, intinya ada cowok yang naksir banget sama cewek, menggebu-gebu dan mau cewek itu ada selalu buat dia. Cowok ini selalu kepikiran cewek itu, pokoknya kangen terus. Tapi, lagu ini SECARA EKSPLISIT memang agak ‘mencurigakan’ liriknya. Udah gitu aja, hehe…

Terlepas dari muatan liriknya yang lumayan eksplisit, sebagai Fantasy aku sangat menikmati dan menyukai hadiah spesial dari Chani kali ini. Dance performance ini menunjukkan talenta, kapabilitas, kerja keras serta betapa Chani sudah banyak sekali berkembang dalam karirnya sebagai dancer.

Summary

Oke, kali ini aku serius. Jujur, aku kagum sekali karena selama 15 tahun berkarir di dunia entertainment Chani tetap konsisten mengejar impian-impiannya sebagai aktor, idola, singer dan dancer. Ini sama sekali nggak mudah menurutku. Chani harus bisa membagi spare waktu buat itu semua supaya bisa berjalan beriringan. Belum lagi belakangan ini dia juga tertarik dengan boxing, bahkan pelatihnya sampai nyuruh dia ikut turnamen loh, karena Chani dinilai punya kemampuan di situ.

Setelah aku pikir-pikir lagi, diam-diam Chani ternyata menghanyutkan. Diam-diam Chani ternyata 'ambis'. Selalu kelihatan woles, nggak niat dan ngantukan, ternyata itu bukan segalanya. Image itu hanya yang terlihat di depan kamera. Sementara di belakang kamera, di kehidupan aslinya, Chani orang yang sangat ‘greedy’, dalam arti positif. Dia ingin terus maju dan berkembang di semua bidang yang ia tekuni, ya akting, ya nyanyi, ya nari, ya idol, ya boxing

**Chani bisa semuanya. Kamu tuh apasih mas yang nggak bisa? 

Kalau mengingat usahanya selama ini (di semua bidang yang aku sebut tadi), aku sangat memaklumi kenapa Chani tuh ngantukan dan hobi tidur. Dia cuma memanfaatkan waktu senggang, walaupun cuma beberapa menit, untuk rehat alias mengistirahatkan dirinya. Di-makeup-in aja dia bisa ketiduran loh, padahal member yang lain lagi pada ricuh.

Bayangin aja, dia kerja dari kecil, dari umur 9 tahun. Terus dari kelas 4 SD udah jadi trainee di sebuah manajemen agensi. Seumur itu aku masih main bola békel sambil ngerjain PR matematika. Semakin aku pikir lagi, semakin aku sadar kalau Chani sudah melewatkan banyak sekali momen anak-anak, yang seharusnya penuh dengan bermain, di masa-masa pertumbuhannya.

Seandainya aku punya kesempatan buat ngomong langsung ke Chani, aku pengen bilang ke 'anak laki-laki yang menghidupi kartu kreditnya sendiri dan kartu kredit kedua orang tuanya sekaligus belanjain adiknya' ini, kalau dia luar biasa. Aku pengen bilang:

Kang Chani, terima kasih untuk semua kerja kerasmu selama ini. Kamu adalah anak yang baik. Kamu sudah tumbuh dewasa dengan baik. Kamu sudah jauh lebih berkembang sekarang. 

Semoga karirmu semakin gemilang dan dijauhkan dari hal-hal yang menjerumuskan. Semoga sukses untuk impian-impian yang kamu perjuangkan. Fantasy selalu ada untukmu. Jadi, jangan menderita sendirian. 

Ayo bahagia bersama. Ayo nikmati masa mudamu dengan baik juga, sambil terus berkarya dan melakukan kebaikan. You are so special and we love you whatever you are!

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.
Newest Older

Related Posts

7 comments

  1. Effort banget siiih, kirain tadi tuh dance cover ternyata dance perform. Keren banget! Di tengah-tengah padatnya jadwal comeback yang katanya idol kalo comeback tuh punya waktu dikit aja buat leha-leha, dia sempet-sempetnya bikin dance cover. Mana konsepnya dari dia sendiri lagi.

    ReplyDelete
  2. Duh duh.. kok bisa sih, nggak langganan Fromm, Mbak. Tapi jadinya kemampuan Mbak Alfi menyelidiki Kang Chani jadi makin terasah ya. Anyway selamat buat Kang Chani sudah menapaki fase baru kehidupan yang lebih dewasa.

    ReplyDelete
  3. Nggak ada habisnya kalau ceritain Kang Chani ya mbak. Selalu ada cerita seru dan keren dari anak baik. Keren banget ya dia dance nya dan mukanya bercerita. Udah 15 tahun akting? Wah aku kira dia baru di dunia akting ternyata udah suhu. Mbak dancer nya pasti salting itu, tatapannya ya ampun tajam banget, wkwk.

    ReplyDelete
  4. Wah baca artikelnya sangat menarik mbak. Saya yg buta sma sekali tentang K Pop jadi sedikit dapat pencerahan. Kerja keras Chani yang patut diacungi jempol dan bisa sebagai contoh baik. Kerja keraa dari kecil dan kini menusi kesuksesan di bidanfnya.

    ReplyDelete
  5. Duhai kang Chani...tahukah kamu kalau disini ada fans kamu yang lagi ketar ketir lihat kamu ngedance dengan high performance. Tidakkah kamu sadar? Ah payah lah kang Chani..ga tahu pasti kan? (itu yang mau ku omongin kalau ketemu Chani mbak)

    ReplyDelete
  6. He he bagi aku yang ga terlalu mengikuti KPop jadi ngeh deh sama Chain, keren ya dia

    ReplyDelete
  7. Mbak, itu jantung aman liat pacarnya deket-deket sama Mbak Dancer? He-he. Pengen cemburu, tetapi siapalah aku. Eh itu mah adik ipar, ya, bukan pacar?

    ReplyDelete

Post a Comment