admasyitoh.com

6 Metode Transaksi Penjualan Non Tunai yang Populer Saat Ini

Post a Comment

metode transaksi penjualan non tunai

Yeorobun, di Indonesia transaksi penjualan berbasis cashless belakangan ini memang sedang jadi primadona. Banyak diantaranya yang menerapkan metode tersebut. Bukan tanpa alasan, transaksi cashless dirasa lebih aman. Sebenarnya transaksi secara cashless ini juga praktis, karena tidak perlu lagi menggunakan uang secara tunai, sehingga tidak harus menghitung sampai dengan memberikan kembalian.

Apa Itu Transaksi Cashless?

Sebelumnya penting bagi kita untuk mengetahui transaksi keuangan secara cashless. Bisa dikatakan transaksi cashless ini adalah sebuah metode pembayaran secara non tunai atau tidak menggunakan uang secara langsung. Pasca pandemi Covid-19 yang menyerang dunia beberapa tahun belakangan, semakin banyak orang yang lebih menyukai transaksi keuangan berbasis non tunai atau cashless ini dibandingkan transaksi secara tunai, karena memang aman dari resiko penularan penyakit, tidak ada kontak yang dilakukan secara langsung dengan orang lain.

Berbicara mengenai transaksi secara non tunai sendiri, pada dasarnya di Indonesia banyak gerai atau toko yang juga sudah menyediakan fasilitas tersebut. Konsumen tinggal memilih sendiri manakah layanan yang ingin digunakan, yang pastinya juga sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Apalagi tidak semua orang sebenarnya memiliki fasilitas penunjang yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara non tunai ini.

Bentuk Transaksi Cashless

bentuk transaksi non tunai

Yeorobun, transaksi penjualan cashless sendiri sebenarnya bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, yaitu:

1. Kartu Debit

Orang yang memiliki rekening bank pastinya punya kartu debit atau yang dikenal sebagai kartu ATM. Jenis alat pembayaran yang satu ini bisa dilakukan untuk menunjang transaksi pembayaran secara non tunai atau cashless. Kamu tidak perlu menggunakan uang tunai, melainkan cukup pakai kartu saja, maka pembayaran dapat dilakukan hanya dengan gesek ke mesin EDC.

2. Kartu Kredit

Selain kartu debit, ternyata kartu kredit sendiri juga tidak kalah populer digunakan untuk menunjang transaksi berbasis cashless. Metodenya juga tidak kalah mudah, hanya dengan gesek kartu ke mesin EDC. Namun tidak seperti kartu debit dimana nantinya saldo rekening langsung dikurangi atau dipotong sesuai jumlah transaksi. Ketika menggunakan kartu kredit, tagihan akan masuk di bulan selanjutnya yang wajib untuk kamu bayarkan.

3. Dompet Digital

Populer juga sarana pembayaran dengan menggunakan dompet digital atau dikenal dengan e-wallet. Tentu kamu sendiri sudah sering menjumpainya bukan? Apalagi sekarang ini bentuk atau jenis e-wallet jauh lebih beragam dibandingkan dengan dulu, termasuk diantaranya juga ada yang mempunyai aplikasi sendiri, yang bisa dihubungkan untuk melakukan pembayaran berbasis cashless atau non tunai.

4. QRIS

Sering kali dijumpai keberadaan kode QR yang ada di bagian kasir sebuah bisnis, kamu pastinya sudah tidak asing dengan hal ini. Itulah yang dikenal sebagai kode QR atau QRIS, sebuah layanan pembayaran yang begitu populer karena dapat digunakan untuk melakukan transaksi non tunai hanya dengan memindai kode QR yang tersedia. Kode ini nantinya akan dihubungkan dengan mobile banking atau yang lainnya.

5. Virtual Account

Bagi yang gemar belanja secara online dan memilih pembayaran dengan internet banking tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini, yaitu virtual account. Virtual account merupakan sebuah layanan atau fasilitas pembayaran dalam bentuk kode khusus, yaitu perpaduan antara angka yang dibuat unik serta berbeda bagi setiap orang sesuai dengan bank yang digunakan.

6. Uang Elektronik Prabayar

Selanjutnya juga ada jenis lain yang dikenal sebagai uang elektronik prabayar. Umumnya digunakan dalam melakukan pembayaran sarana transportasi, namun juga tidak bisa dipungkiri bahwa sejauh ini jenisnya semakin beragam. Biasanya setiap bank mengeluarkan e-money khusus dan bisa diisi sejumlah saldo didalamnya.

Kamu yang memiliki bisnis juga bisa menerima transaksi berbasis cashless ini, salah satu caranya adalah dengan bergabung menjadi bagian dari Merchant BCA. Tidak perlu khawatir mengingat banyak keuntungan yang akan didapatkan dengan tergabung sebagai merchant ini. Aplikasinya bahkan sudah tersedia berbasis mobile dan bisa kamu dapatkan melalui Appstore maupun juga Playstore, sesuaikan dengan perangkat yang dimiliki. Gampang bukan?

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

Post a Comment