admasyitoh.com

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Sido Muncul Natural, Biar Nggak Gampang Sakit!

Post a Comment

obat habbatussauda

Yeorobun, nama jintan atau jinten hitam pasti sudah asing lagi di telinga kita. Jaman sekarang siapa sih yang nggak kenal dengan bahan satu ini? Terutama para penggemar makanan rerempahan seperti gulai dan opor, jinten hitam seringkali ditambahkan sebagai bumbu. Rasa dan aromanya memang khas sekali. Tapi tahukah kamu kalau ternyata jinten hitam ini punya segudang manfaat untuk kesehatan? Penasaran? Yuk, kita bahas bareng tentang si kecil kaya manfaat ini! Stay tune…

Mengenal Jinten Hitam atau Habbatussauda

Jinten hitam (Nigella sativa) termasuk jenis tumbuhan semak, daunnya beraroma segar, serta bijinya mengandung banyak minyak atsiri. Dalam bahasa Inggris, bahan ini dikenal sebagai black cumin atau black seeds dan sudah digunakan di berbagai negara sejak waktu yang lama seperti India, Pakistan, dan Timur Tengah.

Tanaman Nigella sativa sendiri merupakan tanaman berbunga tahunan yang bisa dijumpai di wilayah Asia Selatan, Asia Barat, Eropa Timur, dan tentu saja Timur Tengah. Bunganya berwarna ungu atau putih. Nah, yang biasa digunakan sebagai bumbu atau obat adalah bagian bijinya. Biji Nigella sativa ukurannya kecil dan berwarna hitam, mirip dengan biji wijen hitam dan chia seed.

Di Indonesia, jinten hitam juga biasa disebut dengan habbatussauda (berasal dari bahasa Arab) dan termasuk jenis rempah sekaligus obat herbal. Sebagai bumbu rempah, jinten hitam digunakan dalam proses marinasi daging serta memperkuat aroma maupun citarasa makanan seperti dalam gulai, opor, kari dan nasi kebuli.

Kandungan dan Manfaat Jinten Hitam sebagai Obat Habbatussauda

kandungan manfaat jinten hitam

Menurut catatan sejarah, jinten hitam sudah digunakan dalam pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi. Bangsa Yunani Kuno dan Timur Tengah menggunakan jinten hitam untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan. Hingga saat ini, jinten hitam terus dikembangkan serta digunakan sebagai obat herbal yang dikenal dengan obat habbatussauda.

Kandungan Jinten Hitam

Sebetulnya apa sih yang bikin jinten hitam ini difavoritkan sebagai obat herbal habbatussauda? Nah, ternyata jinten hitam ini banyak sekali kandungannya, yeorobun. Melansir dari laman Halodoc, disebutkan bahwa si biji kecil ini mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, seng, tembaga, tiamin, niasin, fosfor dan asam folat.

Selain itu, jinten hitam mengandung senyawa aktif utama berupa thymoquinone yang bermanfaat sebagai antioksidan, antiinflamasi, serta agen terapeutik. Hal ini membuat jinten hitam mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.

Kandungan-kandungan inilah yang membuat jinten hitam bersifat imunomodulator, yaitu bahan atau zat yang mampu memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, misalnya dengan mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Dengan sifat ini, tidak heran jika jinten hitam sering dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan

Rasa dan aroma jinten hitam memang khas, pahit dan pedas, seperti kombinasi bawang merah, lada hitam dan oregano. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pengolahan khusus untuk mengonsumsinya—selain dicampurkan sebagai bumbu rempah dalam makanan. Penggunaan jinten hitam sebagai obat saat ini umumnya dibuat dalam bentuk suplemen, seperti kapsul atau sirup, sehingga mudah dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat suplemen jinten hitam untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengutip dari Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, jinten hitam bermanfaat sebagai agen anti inflamasi atau anti radang yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan antioksidan di dalamnya juga terbukti menangkal radikal bebas sehingga mencegah terserang penyakit. Jinten hitam juga merupakan aktivator imunitas dan stamina yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan memori serta melancarkan peredaran darah.

Dengan kata lain, suplemen habbatussauda atau jinten hitam sangat cocok digunakan untuk immune booster atau imunomodulator. Suplemen ini baik sekali dikonsumsi untuk mencegah terinfeksi penyakit, seperti flu maupun covid-19 yang dikabarkan kembali meningkat di sejumlah negara seperti Singapura.

2. Meredakan Gejala Asma

Jinten hitam bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot saluran pernafasan, sehingga gejala asma bisa berkurang. Selain asma, suplemen ini juga mampu mengatasi penyakit pernafasan lainnya seperti sinusitis dan alergi.

3. Mengontrol Penyakit Degeneratif

Khasiat jinten hitam ternyata juga mampu mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, serta menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa jinten hitam bisa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah normal.

4. Meningkatkan Memori dan Kesehatan Otak

Senyawa thymoquinone dalam jinten hitam terbukti mampu mengurangi peradangan saraf. Hal ini berdampak pada penurunan risiko penyakit Alzheimer atau Parkinson. Ini juga alasan jinten hitam diyakini memiliki efek positif yang signifikan pada memori logis serta fokus dan kognisi.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain itu, jinten hitam ternyata bisa membantu mendukung kesehatan kulit dan rambut. Sifat antimikroba dan anti inflamasinya bisa mengatasi beberapa keluhan seperti jerawat, eksim, kulit kering hingga psoriasis. Herbal ini juga membuat rambut lebih kuat, lebat dan bersinar. Menarik ya?

6. Baik untuk Hormon

Herbal habbatussauda mampu menyeimbangkan hormon pada pria dan wanita. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jinten hitam bisa mencegah infertilitas pada pria. Sementara bagi wanita, mengonsumsi jinten hitam berkhasiat untuk mempercepat kehamilan serta menjaga kualitas sel telur.

Sido Muncul Natural Jinten Hitam untuk Daya Tahan Tubuh

sido muncul natural jinten hitam

Yeorobun, sedemikian banyak khasiat jinten hitam untuk kesehatan. Kabar baiknya, saat ini kita sudah bisa mengonsumsi suplemen herbal jinten hitam atau habbatussauda ini dengan mudah lo, yaitu dengan kapsul Sido Muncul Natural Jinten Hitam

Sido Muncul Natural secara inovatif dan kreatif membuat kapsul berisi jinten yang kaya khasiat. Orang tuaku bahkan sudah mulai rutin minum suplemen ini sejak beberapa tahun lalu, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh.

Suplemen satu ini cocok sekali bagi untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan cara herbal, meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan kesehatan pernafasan, menjaga tekanan darah, kadar gula serta menurunkan kolesterol. Sido Muncul Natural Jinten Hitam juga baik dikonsumsi untuk orang yang tinggal di kota dengan polusi tinggi maupun ingin melakukan program hamil.

Sido Muncul Natural hanya menggunakan bahan berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk-produk herbal yang kaya manfaat. Semua produknya sudah teruji laboratorium bersertifikasi ISO, terstandar GMP, bersertifikat halal serta memiliki izin edar dari BPOM. Jadi tidak perlu khawatir ya, yeorobun. Karena sudah pasti dijamin aman, halal dan berkhasiat tentunya.

Jangan lupa untuk selalu membaca aturan pakai atau konsumsi yang tertera di kemasan, ya! Untuk satu botol Sido Muncul Natural Jinten Hitam berisi 30 kapsul yang bisa dikonsumsi rutin 2x sehari 1 kapsul atau sesuai petunjuk dokter.

Di tengah gempuran perubahan cuaca yang bikin gampang sakit, memang sudah semestinya kalau kita mengonsumsi suplemen herbal seperti Sido Muncul Natural Jinten Hitam ini. Selain diimbangi dengan pola makan sehat, istirahat teratur, serta olahraga, suplemen herbal ternyata mampu meningkatkan daya tubuh dan menangkal penyakit. So, tunggu apa lagi? Yuk, boost sistem imun tubuh dengan Sido Muncul Herbal Natural Jinten Hitam!

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment